Bisnis Online

1.      Apa yang dimaksud dengan iklan online?
2.      Sebutkan manfaat iklan online!
3.      Sebutkan 3 web di Indonesia penyedia iklan online!
4.      Sebutkan 3 contoh tampilan iklan banner!
5.      Jelaskan keunggulan iklan online!
6.      Jelaskan letak iklan online yang strategis!
7.      Jelaskan keunggulan Return Of Invesment (ROI)!
8.      Jelaskan iklan afiliasi dan berilah contohnya (2)!
9.      Jelaskan perbedaan antara iklan online dan iklan offline!
10. Hitunglah ROI dari PT BISA MAJU SEJAHTERA yang telah medapatkan keuntungan sebesar Rp 15.000.000 dan mengeluarkan biaya untuk promosi sebesar Rp 10.000.000!

JAWAB:
1.   Iklan adalah segala bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, ataupun jasa secara nonpersonal melalui media yang dibayar oleh sponsor atau pihak tertentu.
2.      Manfaat iklan online:
a.       Meningkatkan pengunjung ke bisnis usaha anda
b.      Peluang pemasaran lebih besar
c.       Meningkatkan keuntungan
3.      3 web penyedia iklan online:
a.       Google Adwords
b.      Facebook Ads
c.       Instagram Ads
4.      3 contoh tampilan iklan banner:








5.      Keunggulan iklan online:
a.    Waktu: selama kontrak, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar seluruh dunia, tidak terbatas.
b.   Pembaca: dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu orang.
c.    Biaya: relative lebih murah, bahkan banyak yang menawarkannya secara gratis. Dengan biaya yang dikeluarkan untuk iklan di media cetak, dapat digunakan untuk mencapai pembaca online yang lebih luas, diberbagai belahan dunia.
6.      Letak iklan online yang strategis:
a.       Letak iklan adsense di bawah judul artikel
Ketika pengunjung awal mula membaca sebuah judul artikel tentunya mata akan bergeser ke bawah untuk melanjutkan membaca isi artikel,  diisi iklanp ertama (iklan di bawah judul) sudah menyambut mata pengunjung.
b.      Iklanada di bagian tengah artikel
Kemudian,setelah membaca sepersekian halaman pengunjung akan disuguhi lagi gambar iklan yang berada di tengah artikel. Gambar artikel inilah yang menjadi nilai paling strategis ,karena pengunjung akan ada jeda untuk membaca dengan adanya gambar iklan tersebut.
c.       Iklan adsense ada di bagian ending sebuah artikel
Bila pengunjung lolos untuk tidak melakukan klik iklan di bagian tengah artikel dan terus membaca, di bawah artikel sudah menghadang lagi iklan yang siap merayu pembaca untuk aksi klik dan melihatnya.
7.      Keunggulan ROI:
a. Pengukur prestasi yang komprehensif. Yaitu yang sensitive terhadap setiap pengaruh yang mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan.
b.  Dapat membandingkan perbedaan antar divisi. Jadi dngan adanya penilaian ROI ini, prestasi antardivisi dalam perusahaan dapat dilihat berdasarkan hasil dari penilaian ROI tersebut.
c.  Mendorong terciptanya keselarasan tujuan, yaitu yang dimaksud adalah tujuan divisi dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
8.     Iklan afiliasi adalah memasarkan produk dari suatu lembaga atau perusahaan pemilik produk dengan cara bergabung atau mendaftar terlebih dahulu affiliate marketer. Para affiliate marketers (pemasaran produk) hanya akan dibayar ketika produk tersebut sudah laku terjual.
Contoh:
a. Amazon : Anda dapat memilih dari berbagai kegiatan seperti iklan teks link, iklan banner, dan lainnya.
b. EBay : Anda dapat memilih dari eBay dari pelelangan dan menemukan dengan produk anda ingin beriklan di situs anda.
9.      Perbedaan iklan online dan iklan offline:
a.  Dari segi mafaatnya. Pada promosi online ini produsen lebih mudah untuk mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan yang jauh, dan mengurangi biaya untuk mengunjungi langsung konsumennya, serta konsumen dapat membeli produk atau jasa secara online tanpa repot datang ke tokonya. Sedangkan pada promosi secara offline, dengan terjadi transaksi secara langsung dimana produsen dan konsumen bertemu akan membuat konsumen lebih yakin untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
b.   Dari segi biaya pemasaran. Promosi online lebih murah dari biaya promosi offline, karena hanya dengan membuat situs sendiri atau menyebarkan di situs-situs atau social media yang sudah ada, sedangkan pada pemasaran offline perlu dilakukan percetakan dan memperbanyak brosur, iklan dan juga butuh tenaga untuk menyebarkannya.
c.      Dari segi luasnya pemasaran, promosi online memiliki lokasi pemasaran yang lebih luas, tanpa batas wilayah karena setiap orang yang mempunyai internet bisa mengaksesnya.
d. Dari segi tingkat kepercayaan konsumen, promosi offline terlihat lebih meyakinkan karena konsumen dapat bertemu langsung dengan orang yang menawarkan produknya.
10.  ROI = (Total Penjualan-Investasi) : Investasi x 100%
ROI = (Rp 15.000.000-Rp 10.000.000) :Rp 10.000.000 x 100%
ROI = 50%
Jadi, tingkat ROI yang didapatkan adalah 50%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar