·
Dasari complain dengan itikad baik
Walaupun sedang merasakan
jengkel atau marah karena produk tidak sesuai dengan ekspektasi, anda wajib
mengutarakan complain dengan dasar niat baik ingin agar si penjual bisa
perbaiki kualtias produk / layanan mereka. Jangan sampai terbesit niat untuk
menjatuhkan / mencemarkan nama baik penjual atau produk yang dijualnya.
·
Hubungi penjual secara personal
Etika pertama adalah
dengan menghubungi penjual secara personal. Jangan langsung terburu-buru
mempublikasikan di medsos anda. Selalu utamakan komunikasi dua arah dulu.
·
Siapkan dan gunakan bukti yang kuat
Biasanya ketika anda
melakukan complain, penjual akan meminta anda mengirimkan bukti spesifik atas
hal yang membuat anda merasa kurang puas. Biasanya terdiri dari bon pembelian,
resi, struk, foto, dan lainnya. Jika dibutuhkan, buatlah kronologi tertulis
berdasarkan kenyataan dan bukti tersebut. Jangan sampai menuliskan pendapat
pribadi / komentar subjektif dalam daftar complain anda.
·
Objektif
Kirimkan complain anda
secara objektif. Berdasarkan pada fakta dan bukti yang asli adanya. Jangan
sampai megnada-ada sehingga timbul kesan subjektif yang justru akan menyudutkan
penjual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar