Cara Komplain


*     
·         Dasari complain dengan itikad baik
Walaupun sedang merasakan jengkel atau marah karena produk tidak sesuai dengan ekspektasi, anda wajib mengutarakan complain dengan dasar niat baik ingin agar si penjual bisa perbaiki kualtias produk / layanan mereka. Jangan sampai terbesit niat untuk menjatuhkan / mencemarkan nama baik penjual atau produk yang dijualnya.
·         Hubungi penjual secara personal
Etika pertama adalah dengan menghubungi penjual secara personal. Jangan langsung terburu-buru mempublikasikan di medsos anda. Selalu utamakan komunikasi dua arah dulu.
·         Siapkan dan gunakan bukti yang kuat
Biasanya ketika anda melakukan complain, penjual akan meminta anda mengirimkan bukti spesifik atas hal yang membuat anda merasa kurang puas. Biasanya terdiri dari bon pembelian, resi, struk, foto, dan lainnya. Jika dibutuhkan, buatlah kronologi tertulis berdasarkan kenyataan dan bukti tersebut. Jangan sampai menuliskan pendapat pribadi / komentar subjektif dalam daftar complain anda.
·         Objektif
Kirimkan complain anda secara objektif. Berdasarkan pada fakta dan bukti yang asli adanya. Jangan sampai megnada-ada sehingga timbul kesan subjektif yang justru akan menyudutkan penjual.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar