HOT NEWS    Selamat Belajar
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO )

Data yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam. Hal yang dilakukan dalam mencari data yang di inginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan pencarian di mesin internet. Mesin di sebut dengan Search Engine Optimization (SEO).Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan teknik optimasi SEO, salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung dari website pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization (SEO), simaklah materi berikut!

A.    Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasran online, SEO memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1.      Pengertian SEO menurut para ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini, baik pengusaha skala kecil
ataupun besar masing-masing berlomba untuk menunjukkan eksistensinya melalui web yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tetrsebut dapat ditemukan dengan mudah. Lalu, apa itu SEO?Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli, sebagai berikut.
a.     Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan terssebut untuk membuat sebuah website memiliki peringakat lebih tinggi di dalam search engine.
b.     Danny Sullivsn
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastiksn bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat diarea pencarian gratis yang disediakan.
c.     Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiensi, desain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatan keyword, link building, social media marketing dan segalamacam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.

Adapun yang dimaksud dengan search engine optimization SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau bog tertentu dengamemandfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam mesin pencari juga terdapat SERP ( Search Engine Result Page ). Search Engine Result Page ( SERP ), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2.      Teknik SEO
Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan
optimasi. Dimana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut
a.      Teknik White Hat SEO
Teknik White hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimisasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh search engine.
b.     Teknik Black Hat SEO
Teknik Black Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang diperggunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.

B.   Jenis Optimasi SEO
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat
utama di hasil pencarian  search engine. Apa yang di optimalkan? Website dan visibilitasya di dunia intenet.
            Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization, namun sebenarnya yan disesuaikan dan di optimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi,. Kedua optimasi tersebu tujuannya tetap sama. Tujuan dari dilakukanyya optimais SEO on page maupun optimasi SEO off page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian berdasarkan keyword ( kata kunci ) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak ada cara optimasinya.

Berikut penjelasan mengenai masing-masing optimasi SEO.

1.      Optimasi SEO on page
Tahukah Anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog tau website yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on page , sebgai berikut.
a.   Optimasi SEO on page pad URL
Terkadang banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Dimana URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b.   Optimasi SEO on page pada domain
Untuk domain, jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti “_”. Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnis onlie.com daripada http://tutorial-toko-online.com
c.    Optimasi SEO on page pada udul halaman ( title page )
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung ata kunci yang ditargetkan,karena bagaimanapun judul halaman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dinamic heading, dimana para pembuat blog atau web  berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d.    Optimasi SEO on page dengan meta description
     Meta description yang baik adalah berbeda- beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memperhatikan bebrapa hal, yaitu:
1)      Panjangnya maksimal 150 karakter
2)      Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
3)      Mengandung kata kunci tertarget dibagian-bagian awal.
e.       Optimasi SEO on page pada title tag
Bagian ini berada pada <head>,dan kodenya adalah:<title>isi dari title tag</title>. Dimana yang terpenting adalah apa saja yang bisa Anada isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja , atau JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL, kecuali blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f.      Optimasi SEO on page pada gambar
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu google apa isi dari g ambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah stau teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g.     Optimasi SEO on page pada artikel pada berita
Dalam optimasi SEO  on page pada artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.      Optimasi SEO off page
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog, maka optimasi SEI off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan di luar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di serch engine berdasrkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink,entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.

Beberapa contoh SEO off page, yaitu:
a.    Baclink dari website atau blog lain
b.    Submit sit map ke webmaster tools adalah alat yang disediakn oleh google untuk para webmaster(pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog bisa terpantau dengan maksimal oleh google, dan di sisi lain memberi l;aporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik
c.    Posting artikel atau berit ke berbagai situs atau forum soaial boomarking
d.    Ping blog. Ping adalah cara yang di lakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepda search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber “,contoh: http://pingomatic.com/

Seperti yang Anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah baclink. Dimana baclink adala link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah baclink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dar search engine. Adapun untuk memilih baclink perlu diperhatikan beberapa hal. Selain itu untuk membuat baclink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan .

Berikut adalah hal-hal yang perlu dalam memilih baclink dan metode untuk membuatnya.
a.      Hal – hal yang perli di perhatikan dalam memilih backlink
      Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink, sebagai berikut.
1)    Dalam memilih website yang nantinya akan di letakkan baclink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2)    Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara instan
3)    Dalam membuat baclink juga harus memperhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari indeks pencarian.
4)    Buatlah baclink secukupnya dan hindari menaruh baclink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpang dari SARA.
b.      Metode membuat baclink di blog atau website
Metode yang digunakan untuk membuat baclink pada blog atau website sebenarnya banyak dimana metode tersebut, diantaranya :
1)    Blog walking
Blog walking adalah sebuah metode membuat baclink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di posting- an dengan menaruh URL blog atau web perusahaan di sana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger
2)    Website submiting
Website submiting adalah metode membuat baclink dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting
3)    Social bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs social bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Contohnya: reddit.com, infogue.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4)     Sosial media
Cara ini dilakukan dengan share sebuah link melalui soail media seperti facebook, gplus, Twitter, Youtube, dan lain-lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dianggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5)     Bertukar link
Cara ini yang sering dilakukan oleh para b;ogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6)    Web direction
Cara ini dilakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya Anda bisa klik beberapa web direction yang berada dikanan blog yang berjudul backlink berkualitas.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar