SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO )
Data
yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam. Hal yang dilakukan dalam
mencari data yang di inginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan
pencarian di mesin internet. Mesin di sebut dengan Search Engine Optimization
(SEO).Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa
strategi dan teknik optimasi SEO, salah satunya dengan memperbanyak artikel dan
pengunjung dari website pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang
Search Engine Optimization (SEO), simaklah materi berikut!
A.
Pengertian
SEO
Dalam kegiatan pemasran online, SEO
memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis online
mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis.
Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1.
Pengertian
SEO menurut para ahli
Di dunia bisnis yang
semakin berkembang saat ini, baik pengusaha skala kecil
ataupun besar
masing-masing berlomba untuk menunjukkan eksistensinya melalui web yang jauh
lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu
solusi agar website para pengusaha tetrsebut dapat ditemukan dengan mudah. Lalu,
apa itu SEO?Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli, sebagai
berikut.
a. Neil
Patel
SEO
adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan
terssebut untuk membuat sebuah website memiliki peringakat lebih tinggi di
dalam search engine.
b. Danny
Sullivsn
SEO
adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan
memastiksn bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat diarea pencarian
gratis yang disediakan.
c. Rand
Fishkin
SEO
adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi
oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan
audiensi, desain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatan keyword,
link building, social media marketing dan segalamacam elemen marketing online
maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari
search engine.
Adapun
yang dimaksud dengan search engine optimization SEO adalah suatu usaha yang
dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau bog tertentu
dengamemandfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang
biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam mesin pencari juga
terdapat SERP ( Search Engine Result Page ). Search Engine Result Page ( SERP ),
yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons
terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2.
Teknik
SEO
Dalam
SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan
optimasi.
Dimana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut
a. Teknik White Hat SEO
Teknik White hat SEO
adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk
mengoptimisasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar
kebijakan yang telah ditetapkan oleh search engine.
b. Teknik
Black Hat SEO
Teknik
Black Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang diperggunakan oleh seorang
webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang
melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
B.
Jenis
Optimasi SEO
Search
Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat
utama di hasil
pencarian search engine. Apa yang di
optimalkan? Website dan visibilitasya di dunia intenet.
Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization,
namun sebenarnya yan disesuaikan dan di optimalkan adalah websitenya, agar isi
dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine.
Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi,. Kedua optimasi tersebu
tujuannya tetap sama. Tujuan dari dilakukanyya optimais SEO on page maupun
optimasi SEO off page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi
teratas hasil pencarian berdasarkan keyword ( kata kunci ) tertentu yang dibidik
atau ditargetkan dan perbedaannya terletak ada cara optimasinya.
Berikut penjelasan
mengenai masing-masing optimasi SEO.
1.
Optimasi
SEO on page
Tahukah
Anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi
mesin pencari yang dilakukan pada blog tau website yang dimaksud dari dalam
blog itu sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on page , sebgai berikut.
a. Optimasi
SEO on page pad URL
Terkadang
banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Dimana URL yang baik
itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b. Optimasi
SEO on page pada domain
Untuk
domain, jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan
tanda pemisah seperti “_”. Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah
“tutorial bisnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnis
onlie.com daripada http://tutorial-toko-online.com
c. Optimasi
SEO on page pada udul halaman ( title page )
Judul
halaman sudah tentu diupayakan mengandung ata kunci yang ditargetkan,karena bagaimanapun
judul halaman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga
yang menjadi dasar berkembangnya teknik dinamic heading, dimana para pembuat
blog atau web berupaya agar halaman
artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul
halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d. Optimasi
SEO on page dengan meta description
Meta description yang baik adalah berbeda- beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memperhatikan bebrapa hal, yaitu:
Meta description yang baik adalah berbeda- beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memperhatikan bebrapa hal, yaitu:
1) Panjangnya
maksimal 150 karakter
2) Tidak
mengulang suatu kata lebih dari dua kali
3) Mengandung
kata kunci tertarget dibagian-bagian awal.
e. Optimasi
SEO on page pada title tag
Bagian
ini berada pada <head>,dan kodenya adalah:<title>isi dari title
tag</title>. Dimana yang terpenting adalah apa saja yang bisa Anada
isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan
menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang
perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat
tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja ,
atau JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG.
Sebaiknya
hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL, kecuali blog atau web Anda sudah
punya reputasi yang sangat baik.
f. Optimasi
SEO on page pada gambar
Berhubung
Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik
memberitahu google apa isi dari g ambar adalah menggunakan alt tag. Ini
termasuk salah stau teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web
adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan
terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi
SEO on page pada artikel pada berita
Dalam
optimasi SEO on page pada artikel atau
berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%.
Selain itu, kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami
sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.
Optimasi
SEO off page
Jika
optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog, maka optimasi SEI off page
dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang
dilakukan di luar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di serch engine
berdasrkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan
mencari backlink,entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog
atau web orang lain.
Beberapa
contoh SEO off page, yaitu:
a. Baclink
dari website atau blog lain
b. Submit
sit map ke webmaster tools adalah alat yang disediakn oleh google untuk para
webmaster(pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog bisa
terpantau dengan maksimal oleh google, dan di sisi lain memberi l;aporan yang
mendetail tentang blog kepada pemilik
c. Posting
artikel atau berit ke berbagai situs atau forum soaial boomarking
d. Ping
blog. Ping adalah cara yang di lakukan oleh blogger untuk memberitahukan update
konten kepda search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih
server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten
yang baru. “Dari berbagai sumber “,contoh: http://pingomatic.com/
Seperti
yang Anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah baclink. Dimana
baclink adala link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda.
Sebuah baclink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang
merekomendasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dar search
engine. Adapun untuk memilih baclink perlu diperhatikan beberapa hal. Selain
itu untuk membuat baclink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat
digunakan .
Berikut adalah hal-hal yang perlu dalam memilih baclink dan metode untuk membuatnya.
Berikut adalah hal-hal yang perlu dalam memilih baclink dan metode untuk membuatnya.
a. Hal
– hal yang perli di perhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink, sebagai berikut.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink, sebagai berikut.
1) Dalam
memilih website yang nantinya akan di letakkan baclink perlu mempertimbangkan
trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih
rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang
tidak baik.
2) Carilah
website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link
perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara
instan
3) Dalam
membuat baclink juga harus memperhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap melakukan
spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai
oleh google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari
indeks pencarian.
4) Buatlah
baclink secukupnya dan hindari menaruh baclink di situs yang mengandung
pornografi dan menyimpang dari SARA.
b. Metode
membuat baclink di blog atau website
Metode
yang digunakan untuk membuat baclink pada blog atau website sebenarnya banyak
dimana metode tersebut, diantaranya :
1) Blog
walking
Blog
walking adalah sebuah metode membuat baclink dengan cara mengunjungi blog yang
mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di posting- an dengan menaruh URL blog
atau web perusahaan di sana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering
digunakan oleh para blogger
2) Website
submiting
Website
submiting adalah metode membuat baclink dengan melakukan submit web seseorang
atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting
3) Social
bookmarking
Metode
ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan
menaruh link di sana. Banyak sekali situs social bookmarking baik dari
Indonesia maupun dari luar negeri. Contohnya: reddit.com, infogue.com,
digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4) Sosial
media
Cara
ini dilakukan dengan share sebuah link melalui soail media seperti facebook,
gplus, Twitter, Youtube, dan lain-lain. Adapun yang perlu diingat jangan
terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dianggap spam dan justru
berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5) Bertukar
link
Cara
ini yang sering dilakukan oleh para b;ogger, yaitu dengan bertukar link. Blog
kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan
kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6) Web
direction
Cara
ini dilakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web
direction. Contohnya Anda bisa klik beberapa web direction yang berada dikanan
blog yang berjudul backlink berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar